Sabtu, 22 Desember 2012

Mengenal manfaat bawang putih


Manfaat bawang putih :: Dalam sebagian besar masakan, tanaman yang bernama latin allium sativum ini selalu menjadi salah satu bahan rempah yang sering digunakan. Aroma khas dari bawang putih memang bisa menggugah selera makan kita.

Bawang putih adalah salah satu jenis tumbuhan semusim berumpun yang dimanfaatkan manusia terutama bagian umbinya. Tanaman yang tumbuh baik di wilayah pegunungan dimana memiliki sinar matahari cukup ini memiliki cirri-ciri umum yang bisa dikenali, yaitu:

  1. Pohon tumbuh sekitar 60 cm tingginya.
  2. Memiliki batang semu yg berwarna hijau.
  3. Umbi bawang putih terdiri dari beberapa siung ( untuk bawang putih tunggal, hanya terdiri dari satu siung ).
  4. Masing-masing Siung dibungkus lapisan tipis yg mengeluarkan aroma cukup tajam.
  5. Daun beralur, bentuk pipih memanjang hingga 60 cm dan lebar 1,5 cm. Bagian tepi daun rata, bagian ujung runcing.
  6. Akar serabut.
  7. Bunga berwarna putih, memiliki tangkai panjang berbentuk payung.

Klasifikasi dan kandungan bawang putih

Klasifikasi bawang putih

Divisio
Spermatophyta
SubDivisio
Angiospermae
Kelas
Monocotyledonae
Bangsa
Liliales
Suku
Liliaceace
Marga
Allium
Jenis
Allium sativum
Sumber syamsiah dan tajudin 2003

Beberapa nama daerah dari bawang putih :
  • Bawang bodas (sunda).
  • Bawang ( jawa).
  • Babang pole (madura).
  • Lasun (aceh).
  • Dasun (Minangkabau).
  • Dll
Kandungan bawang putih
Bawang putih mengandung kadar air tinggi yaitu 63 ml s/d 90 ml. Komponen utama yang terkandung dalam bawang putih yaitu lemak, protein, dan karbohidrat. Ketiganya merupakan zat organic yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, serta untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Komposisi Kimia dalam 100 g bawang putih

Air
66.2-71.0 g
Kalori
95.0-122 kal
Protein
4.5-7 g
Lemak
0.2-0.3 g
Karbohidrat
23.1-24.6 g
Kalsium
26-42 mg
Fosfor
15-109 mg
Besi
1.4-1.5 mg
Kalium
346-377 mg
Sumber : Syamsiah dan Tajudin, 2003

Kandungan bawang putih lainnya yaitu allisin, peran zat ini selain untuk memberi aroma khas bawang putih juga berfungsi membunuh bakteri. Zat lainnya Scordinin berperan sebagai antioksidan (Yuwono, 1991)

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat bawang putih sebagai tanaman obat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh yaitu :
  • Membantu menghambat penurunan fungsi otak, serta system kekebalan tubuh.
  • Membantu memperlambat proses penuaan.
  • Menurunkan kolesterol, dan menghindarkan tubuh dari penyakit jantung..
  • Meredakan stress, depresi,dan kecemasan.
  • Dapat mencegah penggumpalan darah.
  • Vitamin A, B, dan C yang terkandung dalam bawang putih bermanfaat bagi tubuh.
  • Mengobati tekanan darah tinggi dan meringankan tukak lambung.
  • Meningkatkan jumlah insulin darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Melindungi tubuh dari serangan penyakit, melumpuhkan radikal bebas yang bersifat negatif terhadap tubuh..
  • Meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh.
  • Bisa mengobati wasir.
  • Sulfur dan phytochemical yg terkandung dalam bawang putih berperan dlm membunuh bakteri dan virus penyebab flu dan batuk.
  • Komponen bawang putih seperti allyl sulfur, ajoene, dan allicin membantu tubuh dalam mencegah nitrosamine terbentuk dan aktif dalam tubuh.Memblokir azoxymethane, benzo (a) pyrene, aflatoxin serta lainnya yg merupakan pemicu munculnya penyakit kanker seperti kanker perut dan usus .
  • Mengobati infeksi pada telinga dll.
Demikian ulasan mengenai bawang putih dan manfaatnya untuk tubuh, baca artikel kami lainnya tentang  Manfaat Bawang putih hitam.

Sumber artikel :
rumahkanker.com/pengobatan/alternatif/34-bagaimana-bawang-putih-melawan-kanker

Jumat, 14 Desember 2012

Manfaat Bawang Putih Hitam


Meskipun tidak dikenal sebagai mitra bawang putih, bawang putih hitam (Black Garlic) mengalami kenaikan popularitas di kalangan gastronomi dan bidang pengobatan alternatif. Diperkenalkan pada dunia  kesehatan dan pasar makanan sekitar 5 tahun yang lalu oleh Korea, bawang putih menjadi "hitam putih" melalui proses fermentasi selama sebulan  di bawah panas dan dikontrol secara ketat  kelembabannya. Manfaat kesehatan dari bawang putih hitam sedang dipuji oleh
praktisi pengobatan alami dan para tabib.


Mengatasi Kanker dan Kolesterol

1 Bulan proses fermentasi dalam menciptakan bawang putih hitam (Black Garlic)memberikan kontribusi untuk
menciptakan semacam bawang putih Super yang khasiatnya 4 xlipat dari bawang putih biasa. Senyawa S-allylcysteine, komponen alami bawang putih segar dan turunan dari asam amino sistein, ditemukan dalam konsentrasi yang jauh lebih besar dalam bawang putih hitam, dan diduga membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker, laporan HealthMad.com.

Mengatasi Infeksi

Bawang putih mengandung agen anti-mikroba, antibiotik dan anti-jamur pada bahan aktif, allicin. Dalam bawang putih hitam, S-allylcysteine ​​membantu dengan penyerapan allicin,sehingga membantu memetabolisme lebih mudah yang bisa memberikan perlindungan terhadap infeksi.

Perlindungan Terhadap berbagai Penyakit

Bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi. Bawang putih hitam (Black Garlic)telah ditemukan memiliki dua sifat antioksidan bawang putih konvensional. Antioksidan yang ada dapat melindungi sel-sel dari penyakit dan diduga memperlambat proses penuaan, menurut OrganicAuthority.com. Karena bawang putih hitam begitu kuat, tingkat antioksidan  yang tinggi memberikan perlindungan /dapat menawarkan dari kerusakan radikal bebas ,membuat makanan yang ideal untuk menggagalkan penyakit kronis,mencegah kerusakan sel akibat  radikal bebas  yang mengarah ke penyakit jantung, Alzheimer, masalah peredaran darah, rheumatoid arthritis, dan penyakit kronis lainnya.

Dengan proses Fermentasi yang menghasilkan bawang putih hitam (Black Garlic) yang dapat mengurangi bau menyengat dan rasa yang kuat, sehingga lebih enak dan menarik bagi beberapa orang. Rasa bawang putih hitam telah dibandingkan dengan buah kering, berasap, manis dan sedikit kenyal, menurut guide.com Antioksidan-. Bawang putih konvensional, bahkan di bekukan menjadi kering atau dibuat  kapsul, masih memancarkan bau bawang putih yang kuat yang menembus kulit, menyebabkan bau tubuh menyengat dan bau napas pada orang yang mengkonsumsi  bawang putih sebagai suplemen kesehatan,CandidaAlbicansCure.com. Bawang putih hitam (Black Garlic)tidak ada bau yang menyengat  kuat dari bau bawang putih sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah besar tanpa efek penciuman bau yang tidak sedap menyengat.

Bawang hitam


BAWANG PUTIH HITAM/BLACK GARLIC
Makanan super Trend 2013


 Black Garlic/Bawang putih hitam adalah jenis bawang putih difermentasi digunakan sebagai bahan makanan dalam masakan Asia. Hal ini dibuat oleh fermentasi umbi seluruh bawang putih pada suhu tinggi, sebuah proses yang menghasilkan cengkeh hitam. Rasanya manis dan manis dengan petunjuk dari cuka balsamic atau bahkan asam. Popularitas bawang putih hitam telah menyebar ke Amerika Serikat karena telah menjadi bahan dicari digunakan dalam high-end masakan. Ini tidak berhubungan dengan sebuah bawang putih enam siung genetik unik juga disebut bawang putih hitam dan digunakan di negara-negara seperti Korea, atau dengan nigrum tanaman hias Allium.

Sejarah


Di Korea, bawang putih hitam diperkenalkan sebagai produk kesehatan dan masih dianggap sebagai makanan kesehatan tambahan. Bawang putih hitam dihargai sebagai makanan kaya antioksidan dan ditambahkan ke minuman energi, dan di Thailand ini diklaim meningkatkan umur panjang konsumen. Salah satu penggunaan yang menarik adalah dalam pembuatan coklat bawang putih hitam.
Di Amerika Serikat bawang putih hitam memasuki arus utama pada 2008 ketika Le Sanctuaire di San Francisco mulai menjual bawang putih hitam. Ini ditulis dalam "Desain dan Hidup" 2008 Spring bagian khusus dari The New York Times sebagai "pokok baru" masakan modern (dan dimasukkan ke dalam resep, "Bawang putih Ayam Panggang Hitam"); ??NYT penulis, Merrill Stubbs , mencatat itu digunakan oleh koki Bruce Hill dari Bix Restaurant di San Francisco. Bukit segera menemukan jalan untuk pengusaha Scott Kim, yang pada tahun 2005 telah mulai mengimpor bawang putih dari Pulau Jeju, Korea, untuk memproses di Amerika Serikat. Scott Kim mulai perusahaan Hitam Bawang Putih, Inc pada tahun 2008 dan mulai memproduksi bawang putih hitam di Hayward, California. Bawang Putih Hitam Scott Kim, Inc. adalah bawang putih hitam yang hanya diproduksi di Amerika Serikat. Dia memfermentasi bawang putih selama satu bulan, pada suhu rendah, dan menjualnya di seluruh Amerika Serikat. Ketenaran hitam bawang putih tumbuh dari sana. Segera, Matthias gabungan, koki eksekutif di Charlie Trotter di Chicago, terdaftar bawang putih hitam sebagai salah satu makanan atas lima menemukan dalam Berita Restoran di bulan Desember 2008.The munculnya bawang putih hitam di AS disebut "sensasional, dan publikasi perdagangan lain selain Restoran Berita telah memperhatikan tren.
Ini mengumpulkan perhatian televisi ketika digunakan di redfish pertempuran di Iron Chef Amerika, episode 11 musim 7 (di Food Network), dan dalam sebuah episode dari Top Chef New York (di Bravo), dimana telah ditambahkan ke dalam saus yang menyertai monkfish .
Pada tahun 2008, Hitam Bawang Putih, Inc membuat kemitraan dengan Katy Heath untuk distribusi bawang putih hitam di Eropa. Kedua perusahaan dibentuk Bawang Putih Hitam, LTD dan sekarang mendistribusikan bawang putih hitam di Inggris dan negara Eropa lainnya. Penggunaan bawang putih hitam juga berkembang di Inggris, di mana ia membuat debut TV pada Sesuatu BBC untuk memasak Weekend dan program gaya hidup pada Februari 2009.
Pada bulan Juli 2009, bawang putih hitam diperkenalkan ke Australia oleh Oliveria, sebuah toko di Melbourne. [Rujukan?] Bawang putih Hitam sekarang dapat ditemukan di pasar yang dipilih di seluruh Australia seperti Prahran dan pasar Victoria dan di AS di Pasar Whole Foods.
Pada tahun 2011, itu digunakan pada episode Champions cincang Food Network. Pada bulan September 2011, itu adalah unsur wajib dalam babak final episode kedua dari Genius Manis Ron Ben-Israel.

Diberdayakan oleh Blogger.